Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat
Wali Kota Bogor Bima Arya Bahagia Bisa Aktivasi IKD Lewat iPhone
oleh admin 12 June 2023 02:40 KHUSUS

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto girang bukan kepalang bisa mengaktivasi identitas kependudukan digital (IKD) di iPhone miliknya. Hal itu dilakukan usai membuka resmi Family Fest Disdukcapil Seri 2 di Mall Boxies 123 di Jl. Raya Tajur Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Sabtu (10/6/2023).

Wali Kota Bima Arya sempat browsing sejumlah fitur yang ada di aplikasi IKD. Antara lain Data Keluarga, dan dokumen lain yang terangkum di dalamnya, seperti KK, akta kelahiran, KIA, dan seterusnya. Wali Kota dua periode ini juga menyaksikan sendiri warga yang mencetak KK, akta kelahiran dan kartu identitas anak (KIA) dari aplikasi IKD melalui mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang berlangsung cepat, selesai dalam waktu tak sampai 2 menit.

"Wah, mudah dan sangat cepat ya.. Semakin yakin penggunaan IKD ini banyak keuntungannya," ujar ungkap orang nomor satu di Kota Bogor meyakinkan peserta yang hadir.

Hadir dalam kesempatan libur akhir pekan ini, Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi, Sesditjen Dukcapil Hani Syopiar Rustam, Direktur Dafdukcapil Handayani Ningrum, Plt. Kadis Dukcapil Provinsi Jabar Engkus Sutisna, dan Sekdis Dukcapil Provinsi Jabar Indrastuti Chandra Dewi, Kadis Kota Bogor Ganjar Gunawan, serta turut hadir Wakil Ketua 1 TP PKK Kota Bogor Yantie Dedie Rahim.

Dirjen Teguh Setyabudi turut menjelaskan, IKD atau KTP Digital yang merupakan inovasi Ditjen Dukcapil Kemendagri ini untuk kemudahan pelayanan dan membahagiakan masyarakat. Aplikasi IKD akan terus dikembangkan, saat ini IKD sudah masuk dalam menu Mall Pelayanan Publik (MPP) Digital sebagai web view. "Penduduk dapat melakukan permohonan pelayanan adminduk melalui menu IKD di MPP. IKD digunakan sebagai Electronic Know Your Customer (e-KYC) bagi MPP," beber Dirjen Teguh. 
 
Dengan adanya rilis bagi pengguna iOS,  Bima Arya menghimbau masyarakat Kota Bogor pemilik iPhone yang dulu belum support IKD untuk segera melaksanakan aktivasi di Disdukcapil Kota Bogor.

Sebelumnya, Ditjen Dukcapil Kemendagri baru bisa memfasilitasi aktivasi aplikasi IKD di ponsel berbasis sistem operasi Android. Namun sejak pertengahan Mei 2023, pengguna smartphone berbasis iOS sudah dapat melakukan peralihan dari KTP-el menjadi KTP digital atau IKD.

"Bagi pengguna gawai dengan sistem operasi IOS kini sudah bisa mengaktivasi IKD atau KTP Digital di ponselnya. Aplikasinya dapat diunduh melalui App Store," kata Sesditjen Dukcapil Hani Syopiar Rustam. 

Sesditjen Hani menambahkan, masyarakat bisa mengaktivasi IKD pada pelayanan keliling yang digelar di sejumlah tempat keramaian oleh Disdukcapil Kota Bogor melalui Family Fest selanjutnya. 

Dia menambahkan, IKD ini merupakan versi digital dari dokumen kependudukan yang dapat diakses secara online. “Jadi, melalui aplikasi pada ponsel kita artinya sama dengan membawa KTP atau data diri. Yuk, masyarakat Kota Bogor segera lakukan aktivasi KTP digital atau IKD," katanya memungkas keterangan.

sumber dukcapil kemendagri

JL. Sutan Syahrir No. 2, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah
(0532) 21300
0895 3064 8150
disdukcapil.kobar@gmail.com
Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan laporan Anda langsung kepada instansi pemerintah berwenang