Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat
Menilik Pegawai Potensial di Kementerian PANRB Melalui Assessment Center
oleh admin 07 July 2022 12:58 UMUM

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melaksanakan assessment center bagi pejabat pimpinan tinggi (PPT) pratama. Pelaksanaan assessment center ini merupakan bagian dari amanat Peraturan Menteri PANRB No. 3/2020 tentang Manajemen Talenta Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diwajibkan kepada instansi pemerintah. 

Manajemen talenta dirancang untuk menjawab kebutuhan organisasi dengan menyiapkan talenta dalam mengisi posisi yang setingkat lebih tinggi atau posisi lain yang dianggap strategis oleh Kementerian PANRB. Adanya manajemen talenta ini diharapkan dapat memberi dampak signifikan terhadap pencapaian visi, misi, dan strategi organisasi. 

“Data pengukuran kompetensi yang diperbarui setiap dua tahun ini dapat menjadi sumber acuan terkait pegawai-pegawai potensial yang dapat menjadi future leader di Kementerian PANRB,” ujar Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini saat memberikan sambutan dalam Assessment Center Bagi Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (06/07).

Dengan adanya hasil asesmen tersebut, dapat diketahui kebutuhan pengembangan yang dibutuhkan oleh masing-masing pegawai. Selain itu, data yang diperoleh juga dapat digunakan untuk menyusun matriks sembilan kotak yang memetakan kompetensi maupun kinerja pegawai Kementerian PANRB. 

20220706 Assessment Center Pejabat Pimpinan Tinggi PPT Pratama 8

Salah satu matriks sembilan kotak dalam manajemen talenta adalah aspek potensial. “Pada aspek ini akan dilihat kemampuan terpendam (underlying capabilities) yang memungkinkan talenta untuk mengembangkan maupun menerapkan kompetensi yang diperlukan dalam jabatan target yang diperkirakan melalui assessment center, uji kompetensi, rekam jejak jabatan, dan pertimbangan lain sesuai kebutuhan,” imbuh Rini. 

Mengacu pada hal tersebut, assessment center dilakukan untuk mengukur kompetensi dan prediksi keberhasilan pegawai dalam suatu jabatan. Metode tersebut dilakukan oleh beberapa asesor dari Iradat Konsultan dengan menggunakan beberapa alat ukur atau simulasi berdasarkan kompetensi jabatan. 

Kegiatan ini diikuti oleh empat orang PPT Pratama Kementerian PANRB dan akan berlangsung selama dua hari, yakni pada 6-7 Juli 2022. Di hari pertama, akan dilakukan tes psikologi, analisa kasus, dan critical incident. Sementara di hari kedua asesmen akan dilakukan dengan pengisian asesmen mandiri, presentasi dalam kelompok, serta role play dan wawancara.

sumber kemenpanrb

JL. Sutan Syahrir No. 2, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah
(0532) 21300
0895 3064 8150
disdukcapil.kobar@gmail.com
Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan laporan Anda langsung kepada instansi pemerintah berwenang