Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat
Kementerian PANRB Akan Umumkan Nominasi Top Inovasi KIPP 2022
oleh admin 07 June 2022 02:43 UMUM

Ribuan proposal inovasi telah rampung dinilai oleh Tim Evaluasi (TE) Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2022. Hasil penilaian tersebut selanjutnya diserahkan kepada Tim Panel Independen (TPI) untuk dilakukan pemeriksaan dan pengumuman Nominasi Finalis Top Inovasi.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kini memutuskan untuk mengumumkan daftar Nominasi Finalis Top Inovasi KIPP 2022 secara terbuka. “Hal ini kami lakukan agar penyelenggaraan KIPP menjadi lebih transparan, serta mengapresiasi inovasi-inovasi yang berhasil dinominasikan,” ujar Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat membuka Rapat Koordinasi TE dan TPI serta Penyerahan Hasil Penilaian Proposal KIPP 2022, secara virtual, Kamis (02/06).

Penilaian proposal oleh Tim Evaluasi berlangsung pada 10-30 Mei 2022 lalu. Hasilnya, didapatkan 230 proposal yang menjadi Nominasi Finalis Top Inovasi yang terdiri dari 198 proposal kategori umum dan 32 proposal kategori khusus. “Penentuan Finalis Top Inovasi dilakukan melalui sidang pleno TPI yang akan dilaksanakan pada 13 Juni 2022 mendatang,” jelas Guru Besar Universitas Sriwijaya tersebut.

20220602 Penyerahan Penilaian Prosposal dari TE ke TPI KIPP 2022 5

Penilaian dilakukan terhadap 1.917 proposal yang lolos seleksi administrasi. Sebelumnya, terdapat 3.478 inovasi yang didaftarkan dalam kompetisi tahunan ini. Jumlah tersebut meningkat 9,4 persen dari tahun lalu.

Ketua Tim Evaluasi Ida Bagus Wyasa Putra mengakui bahwa di antara ribuan proposal yang diperiksa tersebut, masih banyak proposal yang kurang lengkap data dukung dan komponen-komponennya. “Namun untuk proposal yang masuk ke nominasi KIPP 2022 ini sudah sangat bagus, baik inovasi, data, dan persyaratannya sudah dilengkapi dengan baik,” imbuhnya.

20220602 Penyerahan Penilaian Prosposal dari TE ke TPI KIPP 2022 6

Sementara pada sistem penilaian, pria yang biasa dipanggil Wyasa ini menilai sudah sangat baik dan membantu TE dalam proses penilaian. Dalam melakukan penilaian, TE merujuk pada Keputusan Menteri PANRB No. 50/2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan KIPP di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, dan BUMN/D Tahun 2022. Terdapat tujuh komponen yang dinilai pada tahun ini, termasuk ringkasan, ide inovasi, signifikansi, kontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), adaptabilitas, keberlanjutan, dan kolaborasi pemangku kepentingan.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilaksanakan penandatanganan dokumen berita acara antara Deputi bidang Pelayanan Publik, Ketua TPI, dan Ketua TE. Dengan ditandatanganinya berita acara tersebut, TPI telah resmi mengemban tugas untuk menelaah proposal yang ada.

20220602 Penyerahan Penilaian Prosposal dari TE ke TPI KIPP 2022 3

Ketua TPI J.B Kristiadi berharap KIPP tahun ini dapat semakin bermanfaat bagi masyarakat luas. Terlebih dengan diumumkannya nominasi finalis proposal KIPP 2022 ke masyarakat luas, membuat TPI harus lebih teliti dalam menilai.

“Mohon kerja sama dari seluruh TPI untuk bahu-membahu menghasilkan yang terbaik untuk masyarakat, agar tidak mengurangi pentingnya kegiatan KIPP,” pungkasnya.

sumber kemenpanrb

JL. Sutan Syahrir No. 2, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah
(0532) 21300
0895 3064 8150
disdukcapil.kobar@gmail.com
Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan laporan Anda langsung kepada instansi pemerintah berwenang