Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat
Kemendagri Fokuskan Layanan Dukcapil Adaptif dengan Perkembangan Teknologi
oleh admin 16 June 2022 02:46 KHUSUS

Harapan masyarakat atas pelayanan Dukcapil terus meningkat. Warga pemohon layanan dokumen kependudukan tidak hanya menginginkan pelayanan yang gratis, tetapi juga cepat. Itu sebabnya, Dukcapil terus bergerak berupaya memenuhi tuntutan masyarakat. 

Dirjen Zudan Arif Fakrulloh menjelaskan sejumlah tonggak-tonggak lompatan pencapaian Dukcapil. Diawali dengan launching Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) di Batam pada 2018. 

"Pada 8-9 Februari 2019 di Makassar kita launching Dukcapil Go Digital dan dokumen kependudukan dengan Tanda Tangan Elektronik. Kemarin di Bali tanggal 8-9 Februari 2022 Dukcapil kembali meluncurkan layanan adminduk dalam genggaman. Dukcapil terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi," papar Dirjen Zudan Arif Fakrulloh pada Rakor Kebijakan Peningkatan Kinerja Pelayanan Administrasi Kependudukan Se Jawa Timur, di Surabaya, Rabu (15/6/2022) malam.

Zudan pun mengingatkan birokrasi Dukcapil harus gesit dan responsif. Semangatnya dituangkan dalam beberapa Permendagri seperti Permendagri No. 108 dan No. 109 Tahun 2019. "Pegawai Dukcapil harus berpikir serba sistem, peduli, gotong royong dan bertanggung jawab." 

Wujudnya sistem SIAK terus dibenahi dari SIAK Terdistribusi menjadi SIAK Terpusat. Dengan sarana SIAK Terpusat Dukcapil bisa rekam cetak KTP-el dan dokumen kependudukan lainnya di luar domisili. 

"KTP-el itu yang tanda tangan bukan petugas Dukcapil tapi penduduk itu sendiri sehingga bisa dicetak di manapun."

Layanan Dukcapil, jelas Zudan, tidak boleh parsial namun harus terintegrasi. "Bayi baru lahir selain dapat akta lahir, Biodata, dan KIA, orangtuanya dapat KK baru." 

Kerja gotong royong, misalnya, bila blanko KTP-el habis bisa pinjam ke Dinas Dukcapil terdekat yang blankonya masih berlebih. 

Di tempat yang sama, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ikut berbangga lantaran Jatim berhasil meraih kinerja Level 4 bersama DIY, Jateng, DKI Jakarta, Sumbar, Lampung, Kaltim, dan Sulsel.

Melalui Kadis DP3AK Jatim Restu Novi Widiani, Gubernur Khofifah menyampaikan terima kasih pada para Kadis Dukcapil se Jatim yang terus mendukung pencapaian tersebut. "Pada Triwulan ke-2 jangan sampai turun menjadi Level 3," kata Kadis Restu.

Kinerja Disdukcapil diukur dengan capaian terhadap 10 indikator. Mulai dari Perekaman KTP-el 99,3 persen, Kepemilikan KIA 40 persen, penggunaan kertas putih pada 18 dokumen kependudukan, dan Tanda Tangan Elektronik (TTE) pada 18 dokumen. 

Selain itu, Layanan Adminduk Secara Online, Pelayanan Terintegrasi, Kepemilikan Akta Kelahiran 97 persen, Perjanjian Kerja Sama (PKS), Akses Pemanfaatan Data dan Penggunaan Buku Pokok Pemakaman, juga menjadi indikator penilaian kinerja tersebut.

sumber dukcapil kemendagri

JL. Sutan Syahrir No. 2, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah
(0532) 21300
0895 3064 8150
disdukcapil.kobar@gmail.com
Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan laporan Anda langsung kepada instansi pemerintah berwenang