Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat
GASS KEUN (gelaga administrasi kependudukan) Seri I Tahun 2024
oleh admin 04 July 2024 09:48 KHUSUS

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat melaksanakan kegiatan gelaga administrasi kependudukan yang disingkat dengan GASS KEUN yang diikuti oleh seluruh OPD, Kades/Lurah dan warga se-Kabupaten Kotawaringin Barat pada tanggal 28 Juni 2024 secara virtual (zoom metting dan chanel youtube dukcapl kobar dan kominfo kobar). Kegiatan GASS KEUN seri pertama dilaksanakan sebagai inovasi Disdukcapil tahun 2024 dengan tema identitas pendudukan digital yang dibuka oleh Sekretaris Dinas Dukcapil Kabupaten Kotawaringin Barat Hazriansyah, S.STP, M.Si (mewakili Plt. Kepala Dinas).

Dalam sambutannya,  Sekretaris Dinas Dukcapil Kabupaten Kotawaringin Barat menyampaikan kegiatan gelaga administrasi kependudukan yang disingkat dengan GASS KEUN YANG bertujuan mensosialisasikan layanan kependudukan kepada masyarakat terutama Identitas Kependudukan Digital dan sarana interaksi (tanya jawab masalah dokumen kependudukan antara warga dan petugas disdukcapil.

Sebagaimana diketahui bahwa layanan administrasi kependudukan bukan pelayanan dasar tetapi merupakan syarat untuk mendapatkan pelayanan dasar sehingga menjadi Disdukcapil berkewajiban menyampaikan informasi-informasi ataupun kebijakan-kebijakan baru terkait layanan administrasi kependudukan kepada masyarakat secara secara umum.  

Pemerintah pusat melalui Dirjen Dukcapil Kemendagri menginisiasi aplikasi identitas kependudukan digital (IKD) agar semua dokumen kependudukan bisa diakses secara digital sesuai dengan era digitalisasi saat ini sehingga menjadi keniscayaan juga administrasi kependudukan juga untuk hadir ke tengah-tengah masyarakat secara online untuk melayani masyarakat itu secara secara mudah, profesional dan gratis.

Saat ini semua output layanan kependudukan sudah diterbitkan dalam bentuk digital (file) kecuali KIA (kartu indentitas anak) dan KTP el sehingga pemerintah mengharapkan dengan identitas kependudukan digital (NIK) ini merupakan single identity number warga yang bisa digunakan untuk melayani masyarakat secara secara digital ke semua layanan publik. Jadi IKD ini akan menjadi pintu masuk pertama dalam untuk melayani masyarakat baik itu layanan kesehatan layanan pendidikan,kepegawaian, kepolisian dan lain sebagainya. Sehingga diharapkan masyarakat juga proaktif untuk melakukan aktivasi ke disdukcapil setelah mengunduh di playstore ataupun di AppStore.
 

JL. Sutan Syahrir No. 2, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah
Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan laporan Anda langsung kepada instansi pemerintah berwenang