Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat
Family Fest Dekatkan Akses Warga Kota Bogor pada Layanan Adminduk Terintegrasi
oleh admin 12 June 2023 02:45 KHUSUS

Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi menghadiri Family Fest Disdukcapil Seri 2 di mall Boxies 123 di Jl. Raya Tajur Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Sabtu (10/6/2023).

Dirjen Teguh menyaksikan sendiri ratusan orang berbondong-bondong datang ke mall Boxies untuk mengurus Administrasi Kepedudukan (Adminduk) secara gratis yang diselenggarakan oleh Dinas Dukcapil Kota Bogor.

"Dukcapil melayani administrasi kependudukan secara langsung ke masyarakat, sehingga masyarakat tidak perlu antre di kantor Dinas Dukcapil Kota Bogor," kata Dirjen Teguh usai bersama Wali Kota Bogor Bima Arya dan Kadis Dukcapil Ganjar Gunawan membuka acara.

Hadir pula pada kesempatan libur akhir pekan ini, Sesditjen Dukcapil Hani Syopiar Rustam, Direktur Dafdukcapil Handayani Ningrum, Plt. Kadis Dukcapil Provinsi Jabar Engkus Sutisna dan Sekdis Dukcapil Provinsi Jabar Indrastuti Chandra Dewi serta Kadis Kota Bogor Ganjar Gunawan mendampingi. Pada kesempatan ini juga hadir dari Pengadilan Negeri Kota Bogor, Anggota DPRD, Wakil Ketua 1 TP PKK Kota Bogor.

Yang menarik pada kesempatan ini Kadis Dukcapil Kota Bogor menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Gojek untuk permudah pengantaran dokumen kependudukan sampai alamat penduduk.

Teguh menjelaskan, Dukcapil tidak hanya melayani di kantor dinas atau di kecamatan. "Tapi bisa juga memberikan pelayanan keliling atau jemput bola untuk mendekatkan akses masyarakat ke Dukcapil seperti pelayanan di mall sekarang ini. Atau nanti bila dibutuhkan melalui Dukcapil Goes to Campus ke IPB Bogor, juga sekalian aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) kami siap."

Selain itu, sambung Teguh, Dukcapil juga pro aktif melayani kelompok masyarakat rentan seperti lansia, orang sakit, kaum disabilitas, ODGJ, atau mendatangi lembaga pemasyarakatan agar mereka bisa mendapatkan haknya atas dokumen kependudukan yang akan dipergunakan untuk pelayanan publik lainnya. "Apalagi sekarang menjelang Pemilu, dokumen kependudukan terutama KTP-el sangat penting agar masyarakat tidak kehilangan hak untuk memilih. Juga agar pemilih pemula dapat mempergunakan hak pilihnya dengan telah memiliki KTP-el."

Teguh mengapresiasi capaian cakupan perekaman KTP-el untuk Kota Bogor yang sudah cukup bagus. "Prestasi perekaman KTP-el di Kota Bogor 99,12 persen, tinggal sedikit lagi dari target nasional 99,4 persen. Demikian juga pencapaian KIA sebesar 49,1 persen dari target tahun ini 50 persen.

Untuk diketahui, pelayanan adminduk itu bukan hanya KTP-el, KK dan akta kelahiran. Seluruhnya ada sebanyak 24 macam dokumen kependudukan. Semuanya harus dipenuhi sesuai kebutuhan penduduk. "Inilah wujud negara hadir di tengah masyarakat. "Misalnya bayi baru lahir selain dapat akta kelahiran, otomatis mendapat kartu identitas anak (KIA), dan KK baru dengan nama sang bayi. "Inilah yang dinamakan pelayanan terintegrasi, minta satu dapat banyak pada saat yang bersamaan." 

Pada kesempatan ini Teguh Setyabudi dan Wali Kota Bima Arya Sugiarto menyerahkan langsung kepada penduduk berupa akta kelahiran, KIA dan KK serta KTP-el.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, dengan adanya inovasi Family Fest Disdukcapil Bogor, masyarakat tidak hanya terlayani tetapi merasa nyaman karena difasilitasi dan bisa dilakukan di mana saja.

"Jangan hanya sekadar melayani tapi juga memudahkan dan membahagiakan. Ini perlu kerja keras kita bersama. Dan kami Pemda Kota Bogor siap mendukung. Dulu kita lihat luar biasa, antrean KTP saja seperti antrean sembako di Afrika," kata Bima Arya berseloroh.

Diulang-ulang oleh Bima Arya, ke depannya harus selalu memudahkan pelayanan dan dapat membahagiakan masyarakat. "Karena itu hari ini saya bangga sekali temen-temen Dukcapil selalu berinovasi dan tidak terlepas dari dukungan, motivasi Ditjen Dukcapil serta jajaran dan Dukcapil Provinsi," tandasnya.

Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Ganjar Gunawan menjelaskan, kegiatan ini untuk memfasilitasi masyarakat di luar jam operasional.

Ganjar menambahkan, Disdukcapil memang sedianya membuka operasional pengurusan Adminduk sampai Sabtu. Namun, hari Sabtu, biasanya operasional di kantor Disdukcapil cukup sepi peminat. "Maka kami mencari cara untuk jemput bola seperti sekarang ini. Sebab terkadang masyarakat juga ingin tidak hanya mengurus KK dan KTP saja. Sambil weekend mungkin sama keluarga, mall lah tempatnya," tambah Ganjar.

Ganjar pun mengklaim, cara pelayanan di mall ini sangat efektif. "Kalau menurut saya efektif. Family fest yang pertama sampai 4.000 dokumen. Jadi satu orang bisa mendapatkan tiga atau empat dokumen. Dia KK, KTP, akta lahir, KIA. Inilah contoh pelayanan dokumen kependudukan ter-integrasi," ungkapnya.

sumber dukcapil kemendagri

JL. Sutan Syahrir No. 2, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah
Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan laporan Anda langsung kepada instansi pemerintah berwenang