Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat
Dirjen Teguh Setyabudi Dorong Kinerja Kadis Dukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota Dinilai
oleh admin 10 June 2024 03:55 KHUSUS

Unit Kerja Eselon II Direktorat Bina Aparatur (Bintur) Ditjen Dukcapil terus meningkatkan sinergitas dan konsolidasi internal. Tekad ini diusung dengan menyelenggarakan Rapat Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Bina Aparatur Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Hotel AOne Jl. Wahid Hasyim No. 80, Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Dirjen Dukcapil dalam arahan tertulisnya yang dibacakan Direktur Bintur Andi Kriarmoni meminta kegiatan monev ini sebagai momentum menilai sejauh mana berbagai program Direktorat Bintur Dukcapil memberikan dampak positif terhadap peningkatan kapasitas dan kompetensi aparatur Disdukcapil di daerah. "Kesempatan berharga ini juga menjadi momen yang tepat untuk mengidentifikasi berbagai tantangan dan hambatan yang dihadapi, serta merumuskan berbagai langkah strategis untuk mengatasi berbagai permasalahan," kata Dirjen Teguh.

Dirjen Teguh Setyabudi juga mendorong peningkatan kinerja Dinas Dukcapil di provinsi dan kabupaten/Kota melalui komitmen penilaian kinerja Kepala Dinas. "Hasil penilaian kinerja wajib menjadi instrumen evaluasi Kepala Dinas," tegasnya. 

Lebih jauh, Dirjen Dukcapil menyoroti optimalisasi pengelolaan dan pembinaan jabatan fungsional Administrator Data Base (ADB) dan jabatan fungsional Operator SIAK di Disdukcapil provinsi dan kabupaten/kota. 

"Secara khusus perlu segera menyelesaikan Perpres Tunjangan Kinerja pada dua jabatan fungsional tersebut serta transformasi pengelolaan dan pembinaan jabatan fungsional ADB Kependudukan dan jabatan fungsional Operator SIAK sesuai PermenPAN-RB No. 1 Tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional."

Selanjutnya, yang tak kalah penting dari arahan Dirjen Dukcapil adalah akselerasi pembinaan Pegawai Non ASN pada Disdukcapil di provinsi dan kabupaten/kota agar dapat diangkat melalui seleksi CPNS maupun PPPK di tahun 2024. "Terdapat 19.748 pegawai Non ASN pada Disdukcapil provinsi dan kabupaten/kota," ungkap Dirjen Teguh.

Direktur Andi Kriarmoni secara pribadi menekankan harapannya agar rapat ini mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan tugas-tugas di bidang Bina Aparatur. "Sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kualitas layanan kependudukan dan pencatatan sipil di Indonesia," demikian Direktur Bintur memungkas sambutan pembukaan acara tersebut. 

Kasubdit Wilayah II, Bastian Jacob Seimahuira  senada mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memastikan pelaksanaan sebagian tugas Ditjen Dukcapil di Bidang Bina Aparatur berjalan dengan baik dan efektif.

“Kegiatan kami dapat memperkuat koordinasi dan kerja sama antarunit kerja, serta memberikan evaluasi yang konstruktif untuk meningkatkan kinerja aparatur Dukcapil di masa mendatang,” kata Bastian. 

Rapat ini juga dihadiri langsung oleh beberapa narasumber di antaranya Kabag Perencanaan Anggaran Biro Perencanaan Setjen Kemendagri, Desi Narulita, dan Kepala Pusat Pengembangan SDM Aparatur Perhubungan M. Arif Affandi.

sumber dukcapil kemendagri

JL. Sutan Syahrir No. 2, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah
(0532) 21300
0895 3064 8150
disdukcapil.kobar@gmail.com
Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan laporan Anda langsung kepada instansi pemerintah berwenang