DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
KALIMANTAN TENGAH

Targetkan Cetak KTP-el Tuntas Minggu ini, ASN Disdukcapil Kobar Lembur

Kinerja petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) rupanya perlu diapresiasi. Pasalnya, demi warga Kobar agar dapat memiliki KTP-El, para petugas rela lembur hingga malam hari.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Dukcapil Kobar, Gusti Imansyah. Menurutnya, sudah seminggu ini para petugas bekerja lembur untuk melakukan pencetakan KTP-El warga.

“Ya, kurang lebih sudah seminggu ini dipimpin oleh saya sendiri, kami lembur setiap malam sampai jam sembilan malam untuk menyelesaikan data Print Ready Record (PRR) atau KTP-El yang siap cetak,” jelas Gusti Imansyah pada Rabu (11/3).

Gusti Imansyah menyebut, berdasarkan data PRR sebelumnya berjumlah 3.567. Beberapa waktu lalu suplai blanko KTPel dari pemerintah pusat turun dan amanah dari Direktur Jenderal Dukcapil pusat untuk menyelesaikan PRR.

“Sampai dengan hari ini Rabu (11/3) total PRR yang tersisa 1.280, jadi kami telah mencetak PRR sebanyak 2.287 menjadi KTP-EL, kami targetkan agar bisa selesai dalam minggu ini,” sebutnya.

Gusti Imansyah juga menghimbau untuk warga yang baru direkam kemudian diberikan suket untuk segera menukarkan dengan KTP-el. Dengan catatan, melalui proses pendaftaran, sehingga bisa terdeteksi sudah dilakukan pencetakan atau belum.

Selain itu, Gusti Imansyah meminta warga agar mengurus sendiri dokumen Kependudukan. Menurutnya, seluruh dokumen Kependudukan gratis atau tidak dipungut biaya.

“Warga harus urus sendiri juga berbagai keperluan dokumen kependudukannya, kami siap melayani dan memberikan pelayanan terbaik,” pungkasnya. (disdukcapil kobar)