DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
KALIMANTAN TENGAH

Sensus Penduduk 2020, Wujudkan Data Kependudukan Untuk Indonesia Yang Lebih Baik

Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) Kotawaringin Barat (Kobar) pada tahun 2020 akan menghadapi 2 pekerjaan besar, yaitu Pilkada Serentak, dan mendukung habis Badan Pusat Stastistik (BPS) untuk melakukan Sensus Penduduk 2020

Menurut Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri, Sensus penduduk 2020 (SP2020) menjadi sensus penduduk pertama Indonesia yang memanfaatkan data registrasi penduduk dari Ditjen Dukcapil Kemendagri.

“Upaya ini menjadi langkah awal untuk mewujudkan Satu Data Kependudukan Indonesia,” lanjutnya ketika bertindak sebagai pembicara pada acara Rapat Koordinasi Dan Teknis Daerah Persiapan Sensus Penduduk 2020, Senin (9/12) di Palangka Raya yang diselenggarakan oleh BPS Provinsi Kalteng dan diikuti oleh Disdukcapil serta BPS kab/Kota se Kalteng.

“Kadis Dukcapil agar berkoordinasi dengan BPS setempat di wilayah masing-masing. Lihat apa saja data yang kurang, kita akan melakukan pemutakhiran berkelanjutan melalui Sensus Penduduk 2020. Kalau BPS minta data apa pun, berikan saja,” tegasnya.

Sementara itu Kadisdukcapil Kobar Gusti M. Imansyah menyatakan Disdukcapil direkomendasikan memberikan apa pun data penduduk yang dibutuhkan, misalnya penduduk yang meninggal, untuk dimasukkan dalam sistem data BPS.

“Nah, setelah Sensus selesai Disdukcapil akan dapat data balikan dari BPS. Sehingga akan banyak update data, akan banyak KK yang harus dicetak ulang, sebab yang meninggal dikeluarkan dari KK. Akan banyak penduduk yang baru, data pendidikan pasti ter-update, profil pekerjaan bakal ter-update,” jelasnya.

Gusti Imansyah menerangkan bahwa sebagai langkah awal, pada bulan Januari 2020 Disdukcapil Kobar akan mulai melaksanakan kegiatan Jemput Bola pelayanan Administrasi Kependudukan ke desa-desa dengan juga melibatkan petugas dari BPS Kobar. Pada prinsipnya, Disdukcapil Kobar siap mendukung pelaksanaan sensus penduduk 2020. (disdukcapil kobar)