DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
KALIMANTAN TENGAH

Rapat Persiapan Penggunaan Kertas HVS A4 sebagai pengganti blanko dokumen kependudukan

Bertempat di ruang Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dilaksanakan rapat koordinasi terkait penggunaan kertas HVS A4 80 Gram untuk pencetakan beberapa dokumen kependudukan, hadir dalam rapat tersebut Pejabat Struktural Disdukcapil Kobar, Rabu (1/7/2020).

Acara dipimpin oleh Kepala Disdukcapil Drs. H. Gusti M. Imansyah, M. Si. Dalam pemaparannya mengatakan bahwa tujuan rapat adalah terkait persiapan anggaran untuk sosialisasi mengenai penggunaan Kertas HVS A4 dan penganggaran pengadaan kertas tersebut

Gusti Imansyah, mengatakan  kebijakan ini diambil Disdukcapil merupakan tindak lanjut Peraturan Menteri Dalam Negeri No.109 Tahun 2019 tentang Formulir dan Buku yang digunakan dalam Administrasi Kependudukan.

“Penggunaan kertas HVS ini dapat mempermudah masyarakat selain bisa dicetak di Kantor Disdukcapil, masyarakat juga bisa mencetak sendiri di rumah jika memiliki perangkat printer, cukup membaca tanda barcode dengan menggunakan aplikasi QR Reader yang diinstal di Android” tambahnya.

Versi Sistem Aplikasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terbaru, mewajibkan penginputan nomor telepon dan email. Selain menggunakan QR Reader, soft file data kependudukan yang diajukan akan dikirimkan ke email pemohon Jika telah selesai diverifikasi dan di tandatangani secara Digital oleh Kepala Disdukcapil Kobar. (Disdukcapil Kobar)