DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
KALIMANTAN TENGAH

Pemeriksaan Administrasi Calon Anggota Polri Libatkan Disdukcapil Kobar

Pemeriksaan Keabsahan Kutipan Akta kelahiran Peserta Seleksi Administrasi Penerimaan Polri oleh Disdukcapil Kobar di Aula Satya Haprabu Polres Kobar. (disdukcapil)

MMC Kobar – Sejumlah remaja pendaftar calon anggota Polri di Kabupaten Kobar mengikuti seleksi administrasi awal penerimaan Taruna Akpol, Bintara Polri dan Tamtama Polri Tahun 2019 secara terpadu di Aula Satya Haprabu Polres Kotawaringin Barat.

Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Teguh Pramono mengatakan, Disdukcapil sebagai salah satu Tim Eksternal yang bertugas untuk memverifikasi keabsahan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.

“Penelitian keabsahan kutipan akta kelahiran, KTP dan KK melibatkan Disdukcapil sebagai instansi yang menerbitkan dokumen kependudukan tersebut,” ujar Teguh Pramono.

Proses pemeriksaan berkas ini berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 20-22 Maret 2019 sesuai dengan surat Kepala Kepolisian Resor Kobar perihal permintaan bantuan tenaga untuk Penelitian Keabsahan Surat kenal Lahir/Akta Kelahiran, KTP dan KK serta surat tugas dari Kepala Disdukcapil Kobar yang menugaskan Kebid Pelayanan Capil dan Kasi Identitas Penduduk.

Teguh Pramono menambahkan, jumlah yang mengikuti seleksi berkas administrasi sebanyak 108 terdiri dari peserta tes Bintara Polri sebanyak 104, Tamtama Polri 1 berkas dan Taruna Akpol sebanyak 3 berkas.

“Semua berkas lengkap dan valid untuk dokumen kependudukan, walaupun ada beberapa yang sebelumnya kita periksa terdapat ketidaksesuaian antara KK, KTP dan akta kelahiran namun semua itu dapat segera diatasi karena yang bersangkutan kita sarankan untuk memperbaiki dokumen kependudukannya,” tambahnya.

“Jadi untuk menghindari masalah dikemudian hari sebaiknya mulai sekarang cek dokumen kependudukan anda apakah sudah lengkap, apakah sudah sesuai, kemudian bandingkan dengan dokumen lain misalnya ijasah, surat nikah, passport, rekening bank, SIM, STNK dan lain-lain,” pungkasnya. (Disdukcapil)