DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
KALIMANTAN TENGAH

Pelajar SMKN 3 Kumai Terima KTP-el dari Disdukcapil Kobar

Setelah pada bulan Februari Tahun 2020 melakukan jemput bola ke SMKN 3 Kumai, 24 KTP-el diserahkan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Gusti Imansyah kepada pihak sekolah SMKN 3 Kumai, Kamis (12/03).

Penyerahan KTP-el ini diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMKN 3 Kumai, Jainuri, S.Pd, Guru pendamping Elti Raudah, S.Pd dan tiga siswa-siswi Nisa Alya, Michael dan Susanto Alfianor.

Dari puluhan KTP-El yang telah diserahkan tersebut, ada beberapa KTP-El yang belum dapat dicetak karena belum memenuhi syarat pencetakan yaitu milik pelajar yang belum genap berusia 17 tahun.

“Waktu perekaman kemarin, memang kami juga rekam data anak-anak yang sudah berusia 16 tahun, atau akan menginjak usia 17 tahun. Jadi KTP-el nya akan dicetak menyusul,” ujar Gusti Imansyah.

Nantinya, sambung Gusti Imansyah, pihaknya berencana akan melanjutkan jemput bola perekamanan KTP-el ke SMA/SMK Sederajat lainnya di Kobar.

“Untuk SMA/SMK sederajat lainnya telah kami jadwalkan mudah-mudahan di bulan Maret ini karena ada permintaan perekaman yaitu di SMUN 1 Kumai dan SMUN 1 Pangkalan Bun, dan mudah-mudahan nanti tidak terbentur dengan Ujian Nasional,” tambah Gusti Imansyah, didampingi Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Salamin.

Menurut Gusti Imansyah, layanan jemput bola perekaman hingga penyerahan KTP-el ke SMA/SMK sederajat itu bagian komitemen untuk memberikan pelayan lebih maksimal, khususnya berkenan dengan administrasi kependudukan. Di samping itu, dengan jemput bola itu, juga mengurangi membludaknya masyarakat yang datang langsung mengurus KTP-el ke Disdukcapil Kobar.

“Jemput bola ini juga kami lakukan kepada masayrakat di pelosok-pelosok desa. Terutama kepada warga lansia atau warga sakit untuk diberikan KTP-el yang berlaku seumur hidup, dan memiliki banyak manfaat ini. Nanti KTP-el ini juga dapat digunakan dalam perhelatan politik, terutama menjelang Pilgub nanti,” pungkasnya. (disdukcapil kobar)