DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
KALIMANTAN TENGAH

Pasca Libur Lebaran, Disdukcapil Kobar Kembali Buka Pelayanan

Kadis Dukcapil, Gusti Imansyah turut memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan (senin, 10/06). (disdukcapil kobar)

Pasca libur panjang Hari Raya Idul Fitri, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali membuka pelayanan pada Senin (10/06). Dinas yang berkantor di Jalan Sutan Syahrir ini sudah mulai dipenuhi warga yang akan melakukan perekaman KTP-el dan mengurus dokumen kependudukan lainnya.

“Pelayanan ini sebagai bentuk nyata Disdukcapil untuk melayani masyarakat. Ini juga sebagai wujud nyata kami untuk meningkatkan pelayanan terhadap respon keinginan masyarakat yang ingin menerima pelayanan dengan baik,” kata Kadis Dukcapil, Gusti Imansyah.

Pelayanan di hari pertama pasca libur lebaran kali ini belum terlalu ramai. Menurut Imansyah, hal ini dimungkinkan karena banyak masyarakat yang masih merayakan Idul Fitri.

“Sejak pagi masyarakat sudah berdatangan. Untuk KTP-el ada sekitar 30 orang, kebanyakan wajib KTP-el pemula dan perantau yang merayakan lebaran di kampung halaman. Kami memprediksi pelayanan akan membludak dalam satu minggu ini,” ucapnya.

Lebih lanjut pihaknya menyampaikan, libur lebaran ini merupakan momen yang pas bagi masyarakat untuk melakukan perekaman KTP-el sebelum warga kembali disibukkan rutinitas.

“Banyak warga yang baru pulang kampung, sehingga kalau ada masyarakat yang belum memiliki KTP-el bisa langsung melakukan perekaman, sebelum kembali bekerja. Begitupun wajib KTP-el pemula, segera saja melakukan perekaman sebelum kembali masuk sekolah,” tuntasnya. (disdukcapil kobar)