DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
KALIMANTAN TENGAH

Menjelang Libur Idul Fitri, Pemohon KTP-El Membludak

Kepala Dinas Drs. H. Gusti M. Imansyah, M.Si tampak sedang berdialog dengan warga

Menjelang liburan Panjang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat terus diserbu warga yang ingin membuat KTP-El. Operator Cetak KTP-El Sofiana mengatakan, dalam sehari biasanya yang mencetak KTP-el tidak lebih dari 100 orang, tetapi sekarang rata-rata 200 sampai 250 orang. Jumlah tersebut meningkat dua kali lipat dari hari biasanya.

“Menjelang liburan dan masa mudik maskapai penerbangan maupun angkutan laut mewajibkan penggunaan KTP-El untuk cek identitas penumpangnya dan kebetulan warga Kabupaten Kotawaringin Barat rata-rata adalah pendatang yang memanfaatkan momen liburan ini untuk mudik ke kota kelahirannya. Inilah yang membuat warga antusias mengajukan KTP-el” tambah Kepala Disdukcapil Kab. Kobar Drs. H. Gusti M. Imansyah, M.Si.

Adapun warga yang melakukan perekaman KTP-El hingga terjadinya lonjakan yang signifikan didominasi kalangan usia remaja maupun warga yang bekerja di perkebunan sawit.

Gusti M. Imansyah menuturkan, cetak KTP-El tidak lama, cukup mengambil nomor antrian dan menunggu nomornya dipanggil. Dirinya menyarankan, sebelum KTP-El dicetak, pastikan dulu untuk mengecek data di Kartu Keluarga masing-masing apakah ada kekeliruan data. Dan tidak lupa untuk mengecek golongan darah karena KTP-El tidak akan dicetak jika tidak mencantumkan golongan darah. “Permohonan KTP-El boleh juga diwakilkan dengan surat kuasa dari yang bersangkutan untuk menghindari penyalahgunaan KTP-El oleh orang yang tidak bertanggung jawab” katanya. (bd/Dafduk)