DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
KALIMANTAN TENGAH

Masih Banyak Warga Belum Paham Masa Berlaku e-KTP

PANGKALAN BUN, PPOST

Meski sering dilakukan sosialisasi terkait masa berlaku Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), masih saja ada warga yang mempertanyakannya.

Bahkan, ada sejumlah warga yang datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kotawaringin Barat (Kobar) untuk memperpanjang masa berlaku KTP-el.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Disdukcapil Kobar, Agus Suparji menjelaskan, bagi warga diminta tidak panik tentang masa berlakunya KTP-el. Sebab, KTP-el berlaku untuk seumur hidup.

“Undang-undang mengatur demikian, KTP-el yang habis masa berlakunya tidak perlu diperpanjang,” terang Agus Suparji, belum lama ini.

Lebih rinci dipaparkan Agus, mengacu pada Undang-undang Nomor 24/2013 tentang Perubahan Atas UU Nomor 23/2006 tentang Administrasi Kependudukan pada Pasal 64 ayat 7 (a) dan Surat Edaran Mendagri tanggal 29 januari 2016 Nomor 470/295/SJ tentang KTP Elektronik berlaku seumur hidup.

“Jadi, kalau ada warga yang memiliki KTP-el dan masa berlakunya sudah habis, Itu masih bisa digunakan. Masyarakat jangan panik, karena itu dilindungi undang-undang,” pintanya. Agus menjelaskan, pada pasal 101 huruf c UU Nomor 24/2013 diamanatkan bahwa KTP-el yang sudah diterbitkan sebelum UU itu terbit, tetap berlaku seumur hidup. Dengan begitu, KTP-el yang diterbitkan sejak 2011 lalu tetap berlaku seumur hidup.

“Warga tidak usah memperpanjang, walaupun masa berlakunya sudah habis,” terangnya.

(PANGKALAN BUN, Jumat 7 Juli 2017)