DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
KALIMANTAN TENGAH

Hari Libur, Disdukcapil Berikan Pelayanan Kepada Warga Desa Sungai Bedaun

Kepada Disdukcapil Memberikan Arahan di Hadapan Warga Desa Sungai Bedaun, Kumai (Minggu, 23/06/2019). (disdukcapil kobar)

Meski Hari libur, beberapa ASN Disdukcapil Kotawaringin Barat (Kobar) tetap bekerja memberikan layanan pada hari minggu (23/06) di Desa Sungai Bedaun Kecamatan Kumai dan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil, Gusti Imansyah.

Hal ini dilakukan agar warga tidak lagi harus datang jauh-jauh ke kantor Disdukcapil Kobar untuk mengurus dokumen kependudukannya. Mereka cukup melakukan perekaman data diri di kantor desa masing-masing, di sana sudah menunggu petugas Disdukcapil untuk melayani kebutuhan mereka.

“Memang hasil pekerjaan Disdukcapil tidak berupa fisik tentu tidak berharap pujian atau untuk dijadikan media pencitraan,” kata Kadis Dukcapil Gusti Imansyah.

“Hasil kerja Dukcapil berupa dokumen, selembar kertas, tetapi dokumen itulah yang dapat menghambat atau melancarkan semua urusan seperti : untuk berobat, untuk berwisata, untuk BPJS, kredit di Bank, Naik haji/umroh, untuk anak sekolah, untuk masuk kerja, kredit rumah, buka usaha, untuk kawin/nikah, untuk cerai, kredit rumah, traveling, jual beli rumah/tanah, urus SIM, bagi warisan, pindah domisili, urus pensiun,  kredit kendaraan, dan lain sebagainya,” lanjut Gusti Imansyah.

Selama kegiatan jemput bola di desa Sungai Bedaun, Tim Disdukcapil Kobar mampu melayani pembuatan Kartu Keluarga sebanyak 20 dokumen, perekaman Kartu Identitas Anak (KIA) 50 dokumen, perekaman KTP-el 50 orang dan pelayanan Akta lahir sebanyak 62 dokumen

“Kita mengharapkan seluruh masyararakat Kotawaringin Barat agar turut serta mensukseskan program GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan),” ujarnya. (disdukcapil kobar).