DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
KALIMANTAN TENGAH

Eratkan Silaturahmi di Tengah Pandemi Covid-19, Disdukcapil Kobar Ikuti Halalbihalal Virtual Disdukcapil se Nusantara

Pasca Idul Fitri, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Zudan Arif Fakrulloh beserta Jajarannya menggelar Halalbihalal bersama keluarga Disdukcapil se Nusantara melalui Sistem Dalam Jaringan (Daring) alias Online (27/05).

Tatap muka melalui aplikasi Zoom yang dirangkai dengan acara Halalbihalal itu dilakukan untuk menjaga silaturahmi dan kekompakan Keluarga Besar Disdukcapil.

Dalam sambutannya Dirjen Dukcapil, Zudan Arif menilai adanya perbedaan perayaan Halal Bi Halal dari tahun sebelumnya yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Bagi Zudan, melalui tatap muka virtual itu tidaklah mengurangi nilai keberkahan silaturahmi.

“Alhamdulillah kita tetap bisa melaksanakan halalbihalal meskipun secara virtual. Walaupun tidak dapat bertemu dan berjabat tangan kali ini kita maksimalkan aplikasi untuk saling memaafkan, selama ini tentu kita pernah berbeda pandangan dalam mengambil kebijakan, melalui ini saya pribadi dan atas nama lembaga mengucapkan mohon maaf lahir dan batin,” ujar Zudan.

Kepala Disdukcapil Kobar, Gusti M Imansyah menyatakan, pertemuan yang bersifat virtual ini sudah lumrah dimasa pandemi ini, setidaknya ini awal dimana kita harus sudah terbiasa dengan kemajuan teknologi yang kedepannya dapat mempermudah pekerjaan.

“Di acara Halalbihalal tadi, saya juga melaporkan bahwa pelayanan online di Disdukcapil Kobar sudah berjalan dengan baik. Pengambilan dokumen fisik, pemohon juga wajib mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Seperti wajib menggunakan masker, mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan dan menjaga jarak,” ujar Gusti Imansyah.

“Saya juga secara pribadi dan mewakili Disdukcapil Kobar mengucapkan minal aidin wal faizin, Mohon maaf lahir dan batin. Mari kita berjabat tangan berpelukan untuk saling memaafkan secara virtual. Semoga pada halal bi halal 3 Syawal 1441 H ini bisa menjadi wasilah amal kebaikan melebur dosa dan kesalahan,” tambah Gusti. (disdukcapil kobar)