DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
KALIMANTAN TENGAH

Disdukcapil Kobar Terima Bantuan Hazmat dan Masker

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menerima Alat Pelindung Diri (APD) Hazmat sebanyak 5 pcs yang akan digunakan oleh petugas pelayanan perekaman KTP-el. APD hazmat ini diserahkan langsung oleh Kepala UPTD – IFK Dinas Kesehatan Kabupaten Kobar, Soufia Ardian dan diterima langsung oleh Kepala Bidang Pencatatan Sipil Teguh Pramono pada Rabu (10/06).

Kepala Dinas Dukcapil Kobar, H Gusti M Imansyah menyampaikan bahwa pelayanan rekam KTP-el bersinggungan secara langsung kepada pemohon pada saat scan sidik jari dan iris mata. Maka untuk keamanan keselamatan petugas dalam masa pandemi Covid-19, Disdukcapil meminta bantuan berupa perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) hazmat kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kobar.

“Untuk perekaman KTP-el jika kebutuhan APD telah terpenuhi, kami akan atur terkait proses antrian perekaman. Akan dibatasi jumlahnya dalam satu hari. Mekanisme akan ditentukan secepatnya. Setidaknya protokol kesehatan akan tetap dilaksanakan dan keamanan keselamatan petugas dan pemohon dapat terjaga,” tutur Imansyah.

“Harapannya ke depan, kami dapat mengadakan sendiri APD. Untuk saat ini kami berterimakasih kepada Dinas Kesehatan Kobar dapat membantu Disdukcapil Kobar,” kata Kepala Bidang Pencatatan Sipil, Teguh Pramono.

“APD hazmat nantinya akan diadakan dari anggaran dana DAK Non-Fisik sesuai arahan dari dirjen Dukcapil, sehingga nantinya petugas dapat mendapatkan rasa batin yang lebih nyaman ketika memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tutupnya. (dukcapil kobar)