DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
KALIMANTAN TENGAH

Disdukcapil Kobar Serahkan KTPEL Warga Desa Baboal Baboti

Kepemilikan identitas penduduk bagi setiap penduduk melalui penerbitan dokumen kependudukan secara cepat dan tepat, perlu dilakukan peningkatan kualitas layanan administrasi kependudukan setempat.

Dalam hal tersebut Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat (Kadisdukcapil Kobar) Drs. H. Gusti M. Imansyah, M.Si menyerahkan Kartu Tanda Pendudukan Elektronik (KTPEL) dan Kartu Keluarga (KK) pada Selasa, (02/06) kepada Desa Baboal Baboti Kecamatan Kotawaringin Lama yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan Desa Syaiful Sabil. Untuk diserahkan kepada warga yang berdomisili dan bertempat tinggal diwilayah desa tersebut.

Adapun jumlah KTPEL yang diserahkan Disdukcapil sebanyak 11 (Sebelas) Keping dan KK sebanyak 1 (Satu) Berkas.

“KTPEl dan KK ini merupakan berkas susulan yang sebelumnya sudah kita serahkan. Keterlambatan terjadi karena verifikasi data bertingkat untuk memastikan tidak ada data ganda oleh warga desa Baboal Baboti tersebut”, Ujar Gusti Imansyah.

Kemudian, Gusti Imanyah juga mengatakan bahwa KTPEL adalah identitas resmi sebagai bukti diri masyarakat, yang diterbitkan oleh Disdukcapil Kobar. Tujuan dan manfaat KTPEL yakni, untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

“Saya tegaskan dan menghimbau kepada seluruh masyarakat bahwa dalam kepengurusan dokumen administrasi kependudukan tidak dipungut biaya/gratis. Dan petugas desa tersebut saya minta untuk segera menyerahkan dokumen kependudukan tersebut kepada warga sesuai Berita Serah Terima yang mereka tandatangani”, Tambahnya

Diakhir penyampaiannya Drs. H. Gusti M. Imanysah, M. Si mengatakan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Virus Corona Covid-19 tetap melakukan pelayanan kepengurusan administrasi dokumen kependudukan tetapi hanya melalui whatsapp, untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Kobar. (Disdukcapil).