DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
KALIMANTAN TENGAH

Disdukcapil Kobar menyapa masyarakat melalui DMM

Pada hari Rabu, Tanggal 03 Maret 2021 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat (Disdukcapil Kobar) mengadakan dialog interaktif dengan tema “Disdukcapil Menyapa Masyarakat – Penting gak sih Akta Kematian?”

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Disdukcapil Kobar mendekatkan diri lagi kepada masyarakat. Masyarakat yang memiliki permasalahan terhadap dokumen kependudukan dapat berinteraksi langsung kepada Kepala Disdukcapil Kobar, Drs. H. Gusti M. Imansyah, M. Si.

Gusti Imansyah pada sambutannya mengatakan, bahwa ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika kerabat yang telah meninggal dunia mendapatkan dokumen Akta Kematian

“Selain untuk data atau sensus pemerintah, mengurus akta kematian ini juga memiliki manfaat untuk orang atau kerabat yang ditinggal seperti menjaga-jaga agar data Almarhum/ah tidak disalah gunakan, Memastikan keakuratan data Penduduk, mengurus penetapan Ahli Waris, mengurus Klaim Asuransi dan persyaratan untuk melakukan perkawinan kembali bagi suami/istri Almarhum” terang Gusti Imansyah

Beberapa pertanyaan yang masuk saat dialog interaktif tentang Akta Kematian seperti persyaratan, penggunaan kertas putih dan lain sebagainya. Pertanyaan yang masuk langsung ditanggapi oleh Kepala Disdukcapil Kobar.

“Kami Disdukcapil Kobar terus berbenah diri untuk pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat. Maka dari itu perlu juga dukungan penuh dari masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat sendiri, masyakarat juga dihimbau untuk lebih sadar untuk membuat dokumen kependudukan, terutama untuk pembuatan Akta Kematian dan dokumen Administrasi Kependudukan lainnya,” pungkasnya (Disdukcapil Kobar)