DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
KALIMANTAN TENGAH

Disdukcapil Kobar Ikuti Rakor Pencapaian Target Nasional Akte Kelahiran Tahun 2019

MMC Kobar – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) tingkat Kabupaten/Kota Tentang Pencapaian Target Nasional Akta Kelahiran 0-18 tahun, pada tanggal 16 – 18 Oktober, di Hotel Luwansa, Palangkaraya.

Direktur Pendaftaran Penduduk Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Drajad Wisnu Setyawan menyampaikan digelarnya rapat koordinasi tersebut guna penataan dan pendataan tentang pencapaian target akta kelahiran 0-18 tahun khusus wilayah Provinsi Kalteng, sebab mengingat capaian nasional sekitar 85% dan Provinsi Kalteng harus mencapai target tersebut.

Merujuk pada UU No. 24 tahun 2013 tentang perubahan UU No. 23 tahun 2006 tentang pentingnya administrasi kependudukan yang wajib di ketahui seluruh warga negara Indonesia dalam penataan penertiban dan penerbitan dokumen yang juga di atur dalam surat keputusan Presiden nomor 36 tahun 1990 konvensi tentang hak anak guna mendapatkan hak – hak kewarganegaraan.

“Kepemilikan akta lahir sangat penting untuk melindungi anak-anak dari upaya eksploitasi atau trafficking,” ujarnya.

Kepala Disdukcapil Kobar, Gusti M Imansyah menambahkan, Disdukcapil Kobar terus mendorong peningkatan kepemilikan akta kelahiran di Kabupaten Kobar.

“Saya menghimbau kepada masyarakat yang belum memiliki akta kelahiran supaya membuat akta kelahiran ke Disdukcapil kabupaten/kota masing – masing,” tambahnya.

Sedangkan untuk capaian pendataan di Kabupaten Kobar terhadap pemilik akta kelahiran sampai dengan bulan September 2019, yaitu pada posisi 85,63% dari 87.753 Jumlah anak 0 – 18 Tahun atau sejumlah 74.145 anak.

Hingga kini, Gusti Imansyah menyatakan Disdukcapil telah melakukan kinerja nya secara maksimal mulai dari peningkatan sumber daya pelayanan Disdukcapil melalui pelatihan hingga pembenahan peralatan alat-alat perekaman.

“Berbagai macam hal seperti sosialisasi ke sekolah-sekolah, layanan jemput bola ke desa, sosialisasi kepada kepala RT sampai petugas Disdukcapil datang ke rumah-rumah ini saya harap kan dapat meningkatkan capaian kepemilikan akte lahir dalam dua bulan ke depan,” ujar nya.

Peserta rapat koordinasi tersebut dihadiri seluruh Disdukcapil kabupaten/kota se Provinsi Kalteng terdiri dari kepala dinas, sekretaris, kepala bidang pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil serta kepala seksi identitas penduduk dan pencatatan kelahiran, dharma wanita provinsi dan bidan. (disdukcapil kobar)