DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
KALIMANTAN TENGAH

Disdukcapil Kobar Beri Prioritas Pelayanan Warga Tertentu

Kadisdukcapil Kobar, H Gusti M Imansyah tengah memantau langsung Prioritas Pelayanan Perekaman kepada Warga yang membawa Anak Dibawah Tiga Tahun. (disdukcapil kobar)

MMC Kobar – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sejak tahun 2018 terus berbenah diri mencari terobosan dan inovasi baru khususnya Pelayanan Dokumen Administrasi Kependudukan. Inovasi pelayanan yang telah dilaksanakan salah satunya adalah disamping pelayanan internal juga pelayanan jemput bola keliling ke kecamatan bahkan sampai kepelosok desa.

Adapun tujuan dari inovasi Disdukcapil Kobar antara lain mempercepat proses pelayanan, mempercepat proses kepemilikan Dokumen Administrasi Kependudukan bagi warga masyarakat di Kabupaten Kobar, dan mempercepat tingkat capaian Kinerja Disdukcapil Kobar

Pada Tahun 2019, Disdukcapil Kobar terus menggali inovasi baru lagi yaitu konsep pelayanan PRIORITAS. Disdukcapil Kobar memberi proritas pelayanan Administrasi Kependudukan  khususnya kepada warga antara lain pemuka agama, warga lanjut usia, warga penyandang disabilitas, warga sakit, warga dalam keadaan hamil tua serta warga masyarakat yang mengajak Batita (Bayi dibawah tiga tahun) dalam mengurus Administrasi Kependudukan.

Selain itu, bagi pelajar yang ingin membuat atau merekam KTP el tidak harus antri tapi dapat langsung masuk ke ruang perekaman KTP el demikian juga untuk proses pencetakannya.

“Pelayanan Prioritas diberikan kepada warga tertentu untuk mengurus dokumen kependudukan tanpa harus ikut antri di loket pendaftaran,” ujar Kadisdukcapil Kobar, H Gusti M Imansyah.

Dijelaskannya, bagi masyarakat tersebut silahkan langsung menghadap ke Kepala Seksi atau Kepala Bidang yang membidangi atau langsung menghadap Kepala Dinas.

“Akan segera kita tindak lanjuti, ini merupakan semangat pelayanan Disdukcapil dalam penyelenggarakan adminduk yang membahagiakan masyarakat,” lanjutnya. (disdukcapil kobar)