DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
KALIMANTAN TENGAH

Demi Layani Warga Desa Sekonyer, Disdukcapil Kobar Seberangi Laut

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) memberi pelayanan langsung jemput bola (Jebol) penerbitan dokumen kependudukan di daerah seberang yaitu di Desa Sekonyer Kecamatan Kumai sabtu (29/2).

Kepala Disdukcapil Kobar Drs. H. Gusti Imansyah, M.Si mengatakan, pelayanan administrasi yang dilakukan Disdukcapil Kobar bekerjasama dengan perangkat desa Sungai Sekonyer. “Pelayanan yang kita berikan mulai dari perekaman KTP-El, Kartu Identitas Anak (KIA), pembuatan KK (Kartu Keluarga), pembuatan akta kelahiran dan akta kematian,” kata Gusti Imansyah.

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk, Salamin, SH. menjelaskan, agar pelayanan maksimal, kami membagi menjadi dua tim. Untuk tim pertama melakukan pelayanan di Aula Desa Sungai Sekonyer sedangkan tim kedua mendata secara langsung ke rumah-rumah untuk warga yang tidak bisa datang mengikuti kegiatan jemput bola ini. Seperti warga dengan keterbutuhan khusus maupun yang sedang sakit. “Pelayanan hari ini alhamdulillah masyarakat berbondong-bondong dan sangat antusias, karena faktor jarak yang cukup jauh, jadi warga memanfaatkan momen ini dan untuk perekaman ke rumah kebetulan nihil” ujarnya

Hasil kegiatan tersebut petugas Disdukcapil telah melayani ratusan administrasi kependudukan. “Untuk akta kelahiran yang masuk 54, untuk KK yang masuk 42, perekaman KTPel 14 orang dan Kartu Identitas Anak 66 Anak,” ujar Salamin. (Dukcapil Kobar)