DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
KALIMANTAN TENGAH

Blangko KTP-el di Kobar Tinggal 2.000 Keping

PANGKALAN BUN, PPOST

 Persediaan blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mulai menipis. Persediaan bulan April sebanyak 9.000 keping hingga saat ini hnya tersisa sekitar 2.000 keping.

Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Kobar, Syamsul Azehar mengaku persediaan itu jauh dibawah jumlah Surat Keterangan (Suket) pengganti KTP-el yang telah dikeluarkan Disdukcapil setempat, apalagi jika dibandingkan dengan total warga wajib KTP di Kabupaten Kobar yang belum mencetak KTP-el.

Semenjak terjadi kelangkaan blangko KTP-el, Disdukcapil Kabupaten Kobar telah mengeluarkan Suket pengganti KTP-el sebanyak 16.312 lembar dan telah mencetak 178.810 KTP-el dari jumlah total wajib KTP sebanyak 243.561 jiwa.

“Masih ada 64.751 wajib KTP yang belum melakukan perekaman dan input data, yang sudah melakukan kita beri Suket,” terang dia, Selasa (18/7).

Bagi warga yang telah mengantongi Suket pengganti KTP-el, imbuh Syamsul Azehar, bisa datang ke Kantor Disdukcapil Kabupaten Kobar untuk proses pencetakan KTP-el. Karena terbatasnya jumlah blangko yang ada, petugas hanya akan mencetak KTP-el bagi pemohon yang mengantre di Kantor Disdukcapil Kobar.

“Kita utamakan dulu warga yang telah memiliki Suket pengganti KTP-el, Ini terpaksa di lakukan lantaran jumlah blangko yang terbatas,” tandasnya.

 

(PALANGKA POST, Rabu 19 Juli 2017)