Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat
Sambut Kemerdekaan, Ditjen Dukcapil Terjunkan Tim GISA Jebol ke Papua, Papua Tengah dan Papua Pegunungan
oleh admin 18 August 2022 02:30 KHUSUS

Menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-77, Ditjen Dukcapil Kemendagri akan berangkatkan 5 Tim Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) untuk melakukan Jemput Bola (Jebol) di 5 Kabupaten Provinsi Papua mulai tanggal 15-28 Agustus 2022.

Sasaran jebol kali ini adalah wilayah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) di Kabupaten Paniai, Mamberamo Tengah, Kepulauan Yapen, Jayawijaya dan Nabire. 

Sebanyak tiga tim pertama akan mulai berangkat pada Senin (15/8/2022) dini hari. Sedangkan 2 Tim berikutnya menyusul berangkat pada Senin (22/8/2022) dan Selasa (23/8/2022) pekan depan.

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh melepas langsung keberangkatan 5 tim ini melalui Zoom Meeting, Minggu (14/8/2022).

Dirjen Zudan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat di Papua.

"Saya mendapatkan informasi, layanan di 5 Kabupaten tadi perlu kita perkuat karena cakupan perekaman KTP-el masih rendah. Maka kita kirim 5 tim," kata Dirjen Zudan.

Kegiatan ini lanjut Zudan, sebagai tindak lanjut arahan Mendagri Tito Karnavian agar Dukcapil all out dalam melayani masyarakat di Papua.

"Maksud saya masyarakat Papua ini meliputi yang daerah otonomi baru Papua Tengah dan Papua Pegunungan, agar cakupan pemberian identitasnya lebih bisa kita tingkatkan," jelas Zudan.

Tak lupa, Zudan juga mohon dukungan Disdukcapil Provinsi Papua berkoordinasi dengan Badan Kesbangpol dan pihak keamanan yang akan dikunjungi untuk bahu membahu dan kompak demi melayani masyarakat serta memastikan keamanan tim yang bertugas.

Zudan juga berpesan saat 17 Agustus 2022 agar tim yang bertugas untuk mengikuti upacara dan membagikan bendera Indonesia sebagai salah satu upaya mensukseskan program Kemendagri yang dimotori oleh Ditjen Polpum untuk membagi 10 juta bendera.

"Ini gambaran bagaimana upaya kita meningkatkan nasionalisme, merawat kebangsaan, mengisi kemerdekaan dengan langkah-langkah yang nyata sekaligus meningkatkan kualitas nasionalisme dan menggelorakan semangat kebangsaan," tukas Zudan.

Direktur Pendaftaran Penduduk David Yama selaku Pembina Tim GISA Ditjen Dukcapil turut menyampaikan kesiapan tim yang akan berangkat.

"Tim sudah dibekalkan membawa perlengkapan 1 set mobile enrollment, 1 set ribbon, 1 outter blangko KTP-el dan kami bekalkan masing-masing wilayah 200 buah bendera merah putih kecil untuk dibagikan ke masyarakat yang menerima layanan adminduk," urai Yama. 

Yama juga berpesan untuk seluruh tim yang berangkat untuk menjaga keselamatan, kesehatan dan berkoordinasi terkait kemanan perjalanan selama di Papua.

sumber dukcapil kemendagri

JL. Sutan Syahrir No. 2, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah
(0532) 21300
0895 3064 8150
disdukcapil.kobar@gmail.com
Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan laporan Anda langsung kepada instansi pemerintah berwenang