Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat
Mudahkan Pelayanan Adminduk, Disdukcapil Kobar Jemput Bola ke Desa Natai Kerbau
oleh admin 17 November 2021 01:18 UMUM

Berbarengan dengan kegiatan vaksinasi pertama, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat (Disdukcapil Kobar) bekerja sama dengan pemerintahan Desa Natai Kerbau Kecamatan Pangkalan Banteng pada Sabtu (13/11) mengadakan kegiatan jemput bola dokumen kependudukan di aula Desa Natai Kerbau. Pelayanan jemput bola dokumen kependudukan ini berupa pengajuan/perubahan kartu keluarga, perekaman KTP-el, kartu identitas anak, akta lahir dan akta kematian, yang dilaksanakan.

Dalam sambutannya kepala Disdukcapil Kobar H. Gusti M. Imansyah menyampaikan pentingnya single identity dalam hal ini Nomor Induk Kependudukan (NIK), karena pendaftaran vaksinasi di situs pedulilindungi.id milik pemerintah wajib menggunakan NIK.

"Vaksinasi, bantuan sosial, pajak, perbankan dan lain-lain sekarang wajib menggunakan NIK, jadi manfaatkanlah momen kegiatan jemput bola yang rutin diadakan ini untuk mengurus dokumen kependudukannya. Jikalau belum sempat datang, silahkan langsung ke pemerintah desa, karena sudah ada aplikasi kerjasama online yang sudah kami siapkan," ujar Gusti Imansyah.

Sementara itu Akhmad Sholeh selaku kepala Desa Natai Kerbau berharap kegiatan jemput bola ini dapat memudahkan warga terkhusus warga yang secara mobilitas nya terbatas dapat terakomodir untuk pengurusan dokumen adminduknya.

"Ada 6 warga kami yang mengalami keterbatasan mobilitas karena sudah lansia, dan alhamdulilah kedatangan tim jebol yang langsung dipimpin oleh Kepala Disdukcapil Kobar dapat menyelesaikan proses perekaman ktp elektronik nya. Mudah - mudahan bisa membantu warga tersebut," ujarnya.

Tercatat di kegiatan tersebut 40 pengajuan Kartu Keluarga, 7 pengajuan pindah online, 187 pengajuan Kartu Identitas Anak (KIA), 30 perekaman KTP-el, 29 pengajuan Akte Lahir dan 7 pengajuan Akta Kematian.

disdukcapil kobar

JL. Sutan Syahrir No. 2, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah
(0532) 21300
0895 3064 8150
disdukcapil.kobar@gmail.com
Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan laporan Anda langsung kepada instansi pemerintah berwenang