Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat
Dukcapil Goes to Campus, 971 Warga Kampus UNS Berhasil Aktivasi KTP Digital
oleh admin 20 December 2022 03:49 KHUSUS

Ditjen Dukcapil Kemendagri menggelar jemput bola pelayanan registrasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau KTP Digital bagi warga kampus, yakni para mahasiswa/i, dosen dan pegawai. 

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh dalam arahannya meminta kegiatan ini menyasar 3 kampus, diawali di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, pada 12 hingga 14 Desember 2022. Untuk selanjutnya kegiatan bakal bergulir ke Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jateng dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Sumedang, Jawa Barat. 

"Sebetulnya, program ini sudah ada semenjak 2017-2018 lalu. Nah, kita terapkan kembali pada Desember akhir tahun 2022 ini. Kita turun langsung ke kampus-kampus tersebut," kata Dirjen Zudan pada acara Apel Pagi dan Doa Bersama, Senin (6/12/2022) di Jakarta.

Rencananya, giat "Dukcapil Goes to Campus UNS" bakal dibuka Dirjen Zudan Arif Fakrulloh, Selasa (13/12/2022) besok. 

Menurut Direktur Bina Aparatur (Bintur) Ditjen Dukcapil Andi Kriarmoni, di hari pertama registrasi KTP Digital, pihaknya mengundang lebih dari 1.200 warga civitas akademika UNS, yang tercatat sebagai perguruan tinggi terbaik ke-6 di Indonesia berdasarkan Webometrics Ranking of World Universities 2022.

"Antusias civitas akademika UNS sangat tinggi dalam pembuatan KTP Digital. Kami melibatkan Dinas Dukcapil se-Solo Raya dengan 33 meja pelayanan registrasi IKD dan 1 meja pelayanan perekaman," kata Direktur Andi di posko pelayanan yang dipusatkan di Ballroom Gedung Ki Hadjar Dewantara, Lantai 3 UNS Tower, Solo, Senin (12/12/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang II Umum dan SDM Prof. Bandi, dan Dekan D4 Demografi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Santoso Tri Hananto.

Sejumlah mahasiswa UNS menyatakan kegembiraannya karena berhasil registrasi IKD di ponselnya, dan berterima kasih pada Ditjen Dukcapil Kemendagri yang menggagas acara ini.

"Saya telah mengakses IKD. Menurut saya IKD  mempermudah urusan, karena tidak perlu lagi membawa KTP-el di dompet," kata Irawan Zaki mahasiswa D4 Demografi Kependudukan dan Pencatatan Sipil UNS.  

"Manfaat IKD banyak banget, bisa untuk akses ke KAI, atau ke Bandara. Terima kasih Dukcapil," kata Nirmala mahasiswi dari prodi yang sama. 

Hingga Senin sore pukul 16.30 WIB, sudah dibuatkan IKD sebanyak 971 pemohon.

sumber dukcapil kemendagri

JL. Sutan Syahrir No. 2, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah
(0532) 21300
0895 3064 8150
disdukcapil.kobar@gmail.com
Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan laporan Anda langsung kepada instansi pemerintah berwenang