Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat
Ditjen Dukcapil Berikan Penguatan pada Tim Media
oleh admin 31 March 2023 07:37 KHUSUS

Menindaklanjuti arahan Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi, Ketua Tim Media Ditjen Dukcapil David Yama bergerak cepat dengan menggelar Rapat Koordinasi dengan 54 anggota Tim Media Ditjen Dukcapil di kantor Ditjen Dukcapil, Pasar Minggu, Jakarta, Senin (27/3/2023).

Mengawali rapat, Yama yang sehari-hari Direktur Pendaftaran Penduduk menyampaikan pentingnya publikasi kegiatan di sektor pemerintahan pada berbagai platform dan aset media yang dimiliki oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri. "Perlu strategi dan penguatan di internal Tim Media Ditjen Dukcapil untuk memahami kiat dan metode penulisan berita," katanya. 

Dalam rapat tersebut Yama menyampaikan pentingnya transformasi branding dan marketing dalam sektor pemerintahan. “Kita kini berada dalam perkembangan revolusi industri 1.0 hingga 5.0 dan tentunya perkembangan dunia global, maka dalam penyelenggaraan pemerintahan harus dapat menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik,” tutur Yama. 

Turut hadir sebagai narasumber Agus Luqman, redaktur Kantor Berita Radio (KBR). Agus mengatakan, dalam menggarap berita ada hal-hal yang harus diperhatikan. “Menulis berita yang terpenting menggunakan bahasa sederhana agar orang mudah memahami dan tentunya bersumber dari narsum serta lembaga tepercaya," kata Agus.

Kepada anggota Tim Media Ditjen Dukcapil, Agus menyampaikan berita harus memiliki nilai menarik bagi masyarakat serta menggali informasi melalui wawancara sampai nantinya mendapatkan informasi faktual dan penting. 

Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi dalam berbagai kesempatan senantiasa menekankan bahwa branding dan marketing dalam penyelenggaraan pemerintahan adalah salah satu hal yang paling utama di era sekarang. "Kita harus terus menyampaikan apa yang kita kerjakan setiap waktunya melalui berbagai macam kanal media, agar masyarakat tahu bahwa kita betul-betul bekerja untuk mereka,” kata Dirjen Teguh.

Hal ini senada dengan arahan Mendagri Muhammad Tito Karnavian, Dukcapil merupakan instansi pemerintahan yang langsung berhubungan dengan masyarakat, maka harus mampu menerapkan strategi branding dan marketing sebagai media komunikasi dan sosialisasi.

sumber dukcapil kemendagri

JL. Sutan Syahrir No. 2, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah
(0532) 21300
0895 3064 8150
disdukcapil.kobar@gmail.com
Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan laporan Anda langsung kepada instansi pemerintah berwenang